Friday, March 26, 2010

Ultimate Favorite Books


MY ULTIMATE FAVORITE BOOKS
(jeng jeng jeng)

9. Smurf! (Peyo)
Makhluk biru mini ini favorit saya banget waktu kecil. Cerita di setiap komik lucu dan penuh pesan moral. Gargamel dan Azrael adalah duo penjahat bodoh yang menggemaskan. Saya punya banyak komik smurf, mulai dari yang bentuknya segedhe buku Tintin, segedhe komik, segedhe buku cerita.. berbagai macam seri yang saya punya, sayang sekarang udah pada ilang. What's not to love about smurf? they're cute, they're blue, they're smurfing smurf! Oh saya memang sebel sama smurfin karena dia kegenitan.

08. Harry Potter (J.K. Rowling)
Again, what's not to love about harry potter? it has magic in every single page! Saya rasa kalo besok saya punya anak saya mau ngasih liat koleksi harry potter dan suruh dia ngebaca. favorit saya adalah prisoner of azkaban. beberapa buku fantasi lain saya juga suka', tapi tetap Harry Potter selalu di hati. ringan, menyenangkan, dan magical.

07. The Guy Next Door (Meg Cabbot)
i'll be such a hypocrite kalau enggak masukin chicklit dalam list ini. kenyataannya walaupun chicklit itu bacaan kurang berbobot, they're so much fun to read. the guy next door adalah chicklit pertama yg saya baca (kayaknya), n meggin cabbot adalah salah satu penulis termenyenangkan yang saya pernah baca karyanya. the way she tells the story through letters and emails, i think that's cute. Ceritanya tentang.. my god saya lupa! oh kayaknya tentang seorang perempuan yang naksir tetangganya (*ngarang)

06. Life of Pi (Yann Martel)
Buku Life of Pi saya baca waktu SMA. Seinget saya ceritanya tentang seorang anak yang terdampar di atas kapal di lautan lepas bersama macan (atau harimau?). Saya agak lupa ceritanya, tapi saya ingat betapa tersentuhnya saya dengan kisah si anak India yang masa kecilnya penuh warna, bertahan hidup ratusan hari di Samudera Pasifik bersama macan yang sudah memangsa habis hewan-hewan lainnya. touchy. fun.

05. Topeng Kaca
Stupid kalau saya nggak masukin komik di sini. dan topeng kaca selalu jadi komik favorit, pertama, diikuti Candy Candy, Mari Chan, Popcorn.. (komik2 jadul banget). Ada yang punya Topeng Kaca lengkap? Saya mau doong. komik inilah yang bikin saya dulu kepingin ikut ekskul teater waktu SMA. tapi begitu tahu saya nggak bakat seperti Maya Kitajima, saya berenti deh haha. It's a great comic, with great drawing, great meaningful story. terutama bagian drama manusia serigala dan hellen keller! oh! couldnt stop the tears!

04. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)
Pramoedya memang hebat, he's truly an icon of Indonesian writer. Dari serial Minke nya yang terkenal ini, Bumi Manusia yang paling saya suka. Mungkin karena ini yang paling ringan, waktu Minke masih polos dan belum kena-kena politik. Nyai Ontosoroh bakal selalu jadi role model saya untuk sosok wanita yg strong dan berani untuk berbeda.

03. To Kill a Mockingbird (Harper Lee)
Ini adalah buku yang menempati ranking 1 di Best Book situs GoodReads. saya setuju. Atticus Finch dan anak-anaknya memberikan kita kisah menyentuh tentang bagaimana manusia harus saling mengasihi dan menghormati, bahwa perbedaan ras adalah hal yang bodoh untuk menjadi sebuah perpecahan. it's a very touchy book dengan sentuhan humanity yang luarbiasa. Saya penasaran banget kepingin liat filmnya, yang konon tahun 1970-an atau 1960-an sempat berjaya menyabet banyak penghargaan.

02. Memoirs of a Geisha (Arthur Golden)
Filmnya cukup bagus. Bukunya jauh lebih bagus. Tebel, menyentuh, menunjukkan kekuatan seorang perempaun dalam menghdapi kehidupan yang keras. Budaya Jepang yang kental membuat novel ini jadi semakin kaya. Favorit saya tentu waktu Sayuri dilatih pertama kali jadi Geisha, waktu dia disuruh ngegodain cowok-cowok di jalan. it's cute and sad in the same time.

01. The Curious Incident of the Dog in the Night-Time (Mark Haddon)
Diterjemahkan sebagai: Misteri Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran. haha. saya suka sukaaa sukaaaa banget buku ini. entah kenapa. Cara penceritaannya yang aneh, cover versi indonesianya yang shocking pink, babnya yang ditulis dengan bilangan prima, ceritanya yang nggak bermutu (tentang anjing tetangga yang mati) tapi somehow bisa jadi sesuatu yang sangat bermakna, tokoh utama yang autis tapi luar biasa. So far, ini buku favorit saya sepanjang masa.

Another favorite: 5 People You Meet in Heaven, Tuesdays with Morrie, Klan Otori (apa ya judulnya), the Namesake, Sister of My Heart, PS I Love You, Eragon, Beauty Case, Gege Mengejar Cinta, Supernova.

What's yours?

9 comments:

dhani' said...

my sister keeper
roshie dunn (lupa apa judul di chicklit nya)
ps i love u
no. 2,5,7,8 di list mu

buku yg dari sejak 2th lalu pengen aq baca sampe detik ini belom kesampean,
Eat, Pray, Love.
(gr2 liat episode si penulis wkt di Oprah)
*Kado buat aku itu y fuu...tp versi english :D

sepyusa said...

4 buku sama fuu...
Topeng kaca...aq ya nyari2 ini!!
& keinget nek pas SD pnah dmarahin mbaca ini gr2 ktauan ma ibu n bapakQ ada saru2nya..
Yang pas Maya Kitajima ma mawar jingga tkurung di bduaan digubuk nek ga salah..hahaha

nd said...

Lebih suka komik daripada novel, hehe..

Tapi dulu sempet baca 5 cm, itu juga bagus :D

Linknya sudah kupasang ;)

Fu! said...

@dhanik: eat pray love agak bosenin lho nik, hehe bukannya di tempat mbakmu ada ya nik? kemaren waktu dandan aku liat. rosie dunne judulnya.. err.. rainbow2 gitu hahaha

@sepyusa: ah cari dimana ya pinjem topeng kaca yang lengkap.. aku kangen

@nd: gonna do the same thing soon :)

dinidini said...

vote for Gege Mengejar Cinta =)

Aishi Lely said...

smurf.. topeng kaca.... aku suka... habisny klo yg sekaliber novel n buku2 tebel males bacanya.. diktat kul ja belom ke bc semua hehehe

osanblue said...

tiada lain tiada bukan : The Lord of The Ring Trilogy.
oh, dan Lelaki Terindahnya Andrei Aksana.. =)

dzt said...

yang sama: Topeng Kaca sama To Kill a Mockingbird

tapi yang most fav aku: wanita, empat besar (agatha christie), the count og monte cristo, komik serialnya chizumi & fujiomi ^^

i love books ^^

Fu! said...

@osanblue aku tidur e baca bukunya TLOTR.. kapan2 aku bikin ultimate favorite movies jugak ah!