Thursday, April 30, 2009

mari membuat resensi

minggu ini cukup hectic dan menguras pikiran. rasa-rasanya saya jadi bisa gila sendiri kalau menjalaninya tanpa hiburan. jadilah saya pergi dan meminjam beberapa film. heey, sudah pernahkah saya bikin resensi film? wow, too bad kalau belum, karena i'm such a big moviefan! ini adalah tiga film yang saya pinjem, yang saya pikir worth to watch banget.

1) RAINMAN (1988)

You'll love this movie as much as i do! tentu, selama kalian masih tahan nggak ketawa liat baju2 para pemain yang jadul2 bukan main, dan rambut tom cruise yang berjambul asoy khas 80-an.

Saya udah lama banget pingin liat film ini, karena konon ini salah satu film paling bagus berhasil menyabet empat oscar. btw, film ini rilis satu hari sebelum saya lahir, loh!

Tom Cruise berperan sebagai tipikal orang kota, egois dan money oriented (tapi perlu ditambahkan: sangat ganteng). Ketika ayahnya meninggal, dia terkaget-kaget karena nggak mendapatkan warisan 3 juta dolar dari sang ayah, karena warisan tsb jatuh ke tangan Raymond (dustin hoffman), seorang penderita autis yang kemudian diketahui sebenarnya adalah kakak kandung tom cruise. whoa, tom cruise tentu syok banget karena dia baru tau kalo punya abang, terutama abang dalam kondisi yang sering kita bilang (bukannya merendahkan) agak 'berbeda' dgn orang normal. sepanjang film penuh adegan2 lucu dan mengharukan saat tom cruise berupaya mengenal dan beradaptasi dengan si abang yang walaupun menurutnya terbelakang, sebenarnya jenius luar biasa.

dustin hoffman jago banget aktingnya. saya ketawa ngekek tiap kali dia mulai mengeluarkan 'o-ow' nya yang lucu banget. agak mengingatkan saya pada forrest gump, mungkin, tapi lebih mengingatkan saya sama my all time favorite book, the curious incident of a dog in the night time; tokohnya sangat cinta pada rutinitas, jenius dan punya memori plus kemampuan bermain angka yang bombastis, dan sangat memerhatikan detail. dan, dustin hoffman dapet oscar loh gara-gara main di sini!

pokoknya filmnya touchy banget, a must watch kalau menurut saya, terutama karena tom cruise gantengan dulu ketimbang sekarang, hehe.

2. RESCUE DAWN (2007)
christian bale udah jadi aktor favorit saya sejak batman begins, karena menurut saya dia cakep dan ketika berakting penuh totalitas perjuangan. di Rescue Dawn, whoa, dia memang benar-benar totalitas. another touchy movie yang bikin saya miris sekali.

christian bale jadi seorang pilot AS bernama Dieter Dengler yang pesawatnya jatuh tertembak pada masa-masa perang vietnam. akibatnya, dieter ditawan oleh pasukan vietcong dan menjalani masa-masa suram yang menyedihkan sebagai tawanan. sepanjang film kita akan dikasih liat upaya dieter untuk survive, dan akhirnya merencanakan pelarian bersama rekan2 sesama tawanan. upaya pelarian sangat-sangat tidak mudah karena mereka berada di tengah hutan yang sangat tidak bersahabat utk orang-orang amerika seperti dieter.

huhuu, christian bale oke banget karena berhasil bikin emosi saya terguncang. kasian ngeliat penderitaannya, miris waktu adegan mereka kelaparan dan saling cerita makanan thanksgiving sambil ngiler2, dan pengen nangis waktu dieter akhirnya berhasil kabur bersama duane (steve zahn). dua tokoh itu meski sama2 cowok, i can feel the chemistry. bale nya keliatan sayang dan melindungi banget, bikin rasanya smakin miris.

filmnya bagus, teman. dan ini true story lho, dari buku little dieter only wants to fly.

3) TROPIC THUNDER (2008)

Wah kalau ini sih ngga usah panjang lebar. teman2 pasti sudah tahu dan mungkin banyak yang sudah lihat. Ben Stiller, Jack Black, Robert Downey Jr., main sebagai pemain film yang sedang dalam proses syuting film perang di vietnam. namanya juga film komedi, pembuatan film itu akhirnya berujung pada serangkaian kebodohan yang sukses bikin saya dan echi (partner menonton) ngekek sampai sakit perut. adegan2 awal sangat mirip happy tree friends, adegan tengah2 agak mirip kungfu panda, dan adegan akhir mulai sangar. lucu banget dan sangat-sangat menghibur. ah, it's ben stiller. seharusnya saya nggak kaget.

tpi teman-teman, jangan ulangi kesalahan saya: nonton tropic thunder sebelum nonton rescue dawn. dua-duanya tentang perang vietnam, tapi perbedaannya bagai siang dan malam. feel teman-teman mungkin nggak bakal 'dapet' di rescue dawn kalo teman2 habis ngakak liat kebodohan ben stiller dkk.

well, cukup oke kah resensinya? semoga! mari duduk manis dan menikmati film yang bagus!

9 comments:

tyas said...

tropic thunder asli bedooonnnnn abiiiissss.... menghibuuuuurrrr sekaliiii....

kin2 ^^ said...

aku juga suka liat film2 tentang perang gitu.. kesannya heroik abis.. ahahaa

sukarnosuryatmojo said...

saya liat film Rainman di Mataram Theatre (bioskop ini masih ada nggak ya, kalo nggak salah di jl. wahidin) tahun 1989 ketika msh kuliah di Jogja.. Waktu itu bioskop ini salah satu yang ngetop di Jogja selain empire dan regent

ianthehedonist said...

ugghhh... paling ra tahan film tentang perang. mbuh ngopo ra seneng wae. Tropic Thunder humor nya juga dudu humor ku banget. tinggal Rainman. coba ah...

Navan said...

aduh... dari dulu aku mau nonton Rainman! di mana, ya bisa minjem? soalnya susah nyari film2 lama...

Oh, ya! soal pria idiot, kemaren aku nonton I Am Sam. lumayan bagus, tuh! ntar aku buat resensinya...

tapi sori banget, persis ma Ian, film perang dan film tembak2an bukan film ku... Trophic thunder juga gag sesuai selera humorku. aku cuma suka pas plesetan trailer film bagian awal. itu saja.

btw, resensinya bagus, fu! ayo terus posting resensi. secara subjektif aja gag papa, kok... hihihi...

Fu! said...

@ navan : aku pnjem di wahana.. hehe iya byk film lama yg pgn aku liat tpi rata2 rentalan udah pada ga punya.

@ ian + navan : film perang is always be my favorite. lagian rescue dawn perangnya bukan perang jeder-jeder ayo tembak sana tembak sini bum bum mati gitu kok. lebih ke survival hehe. tapi selera orang memang beda-beda. termasuk soal komedi. hehe, aku si lbh suka komedi a la tropic thunder daripada komedi a la american pie, komedi2 negro, n komedi2 mr.bean gt. n yea, navan. trailernya emang BRILIAN. besok kalo ada film worth to watch lagi aku resensi lg!!

btw lg, kok komen ku puanjang banget??

Fu! said...

@ mas sukarno suryatmojo : hehe. terimakasih sudah mampir ke blog saya. wahh senangnya. bioskop mataram sekarang udah tutup, ngomong-ngomong. yang dekat jembatan layang?

laa said...

q uda nonton tropic thunder..
tp g gt impressed tu, kayaN gara2 ekspektasi awal + kondisi nonton yg g kondusif kale y fuu..

jadi ceritaN q terlalu excited bwt nonton n ekspektasi lucuQ aga beda, jadi waktu nonton tu malah kebanyakan blg "opo tho.." drpd ketawa, hehee...

kayaN q mesti ngulangin lyatN d, heheee..

Fu! said...

@ lala : iya si mgkin karena aku nontonnya sama echi, jadi kita nontonnya sambil bebodohan jadi hal2 ga penting pun akan membuat kita tertawa terhabak habak,.. haha