Wednesday, April 28, 2010

AASMMJM

Siapakah orang dengan nama terpanjang yang Anda kenal?
buat saya, orang itu adalah sahabat saya Mirah.
Saya masih ingat waktu masuk kelas 1 SMA, well, 6 tahun yang lalu, saya terkaget-kaget begitu tahu ada teman sekelas saya, yang bernomor absen dua, bernama Anak Agung Sagung Mirah Mahaswari Jayanti Mertha. Wow, panjang seperti kereta. saya langsung kasian sama dia, saya mbayangin ketika ujian dia harus ngehitam-hitamin kolom nama sampai lima menit lamanya (*lebay).

Siapa sangka saya dan si dia yang bernama luarbiasa panjang ini menjadi sahabat. Mirah adalah seorang gadis Bali yang cukup aneh. Dia nggak suka buah stroberi. Nggak suka sambel. Nggak suka minuman teh yang rasanya bukan teh (misal, lemon tea atau fruit tea). Dia terobsesi sama milkshake vanilla dan kelinci. Setiap pergi makan ayam di restoran, dia selalu ngebungkusin sisa tulang pakai tissue. aneh kan? memang.

Di luar keanehannya, dia punya kehidupan yang saya rasa bakal bikin banyak orang iri. Selain tubuhnya yang kurus dan rambutnya yang panjang, Mirah ini aktivis, model-model orang yang kalau bikin CV bisa sepanjang novel. Bahkan later on setelah dia kuliah di fisipol UGM, dia dapat gelar sebagai mahasiswa berprestasi. Keluarganya gaul dan menyenangkan, walaupun anjingnya galak bukan kepalang.

However mirah adalah salah satu orang paling lovable yang saya kenal. berteman dengan dia akan bikin kita semua jadi lebih termotivasi untuk berprestasi (hahaha). Dia adalah tour guide saya waktu ke Singapur kemarin, dan dia salah satu teman saya yang lagi saya kangenin.

Hari ini Mirah ulang tahun, kata statusnya sih dia lagi sedih karena ulang tahun tanpa keluarga, sahabat, dan tanpa si 'dia', tanpa surprise atau midnight call.. Semoga post hari ini bisa jadi surprise yang menyenangkan :)

Happy birthday dear Mimi, you're and you'll always be a star.
smooch :-*

Monday, April 26, 2010

senin kelabu

hari ini kota saya diliputi awan kelabu. bagaimana enggak? yogyakarta, yang selalu digaung-gaungkan sebagai kota pelajar, mengalami kemerosotan tingkat kelulusan. sebanyak 9.237% siswa dinyatakan enggak lulus. bahkan tidak ada satu pun SMA di kota yogyakarta yang punya prestasi lulus 100%. SMA saya yang konon salah satu SMA paling unggul di sini pun terpaksa nggak meluluskan 3 orang siswanya. Salah siapa? ya kita memang nggak dalam posisi untuk menyalahkan siapa pun.

ini mungkin bukan fenomena yang patut bikin saya mengerutkan dahi. tapi yang bikin saya sedih adalah cerita mama saya yang ngobrol dengan seorang mbak-mbak yang ngekost di rumah saya. mbak ini adalah guru di salah satu SMA swasta di jogja, yang tingkat kelulusannya hari ini hanya 30%. mbak ini cerita dengan sedihnya tentang para murid yang histeris begitu tahu mereka engga lulus. beberapa murid bahkan sudah siap dengan batu dan aneka senjata perusak lain sebagai pelampiasan rasa frustasi terhadap sekolah. untung pihak sekolah tanggap meminta bantuan polisi jadi aksi perusakan bisa teratasi.

yang bikin saya sedih, mbak ini cerita kalau ia didatangin seorang siswi yang menangis sedih. si mbak ngajak siswi itu bicara. kurang lebih begini:

si mbak: kamu nggak lulus di pelajaran apa?
siswi: bahasa indonesia, bu. nilai saya cuman 1.
si mbak: lha kenapa kok bisa nilai nya 1? bukannya bahasa indonesia enggak susah?
siswi: iya, bu. saya memang nggak belajar. saya cuma mengandalkan kunci jawaban yang saya beli kemarin.

usut punya usut siswa sekolah tersebut patungan masing-masing 30rb untuk beli kunci soal yang beredar beberapa hari sebelum UN. dan yes, kunci tersebut enggak valid. jawabannya salah dan walhasil mereka yang menyandarkan hidup pada kunci jawaban ini harus menanggung konsekuensi yang pahit. enggak lulus. beberapa siswa dikabarkan sedang menggalang kekuatan untuk mengeroyok si penjual kunci.

sementara banyak dari mereka yang lulus juga nggak bisa langsung kita dewa-dewakan. toh banyak dari mereka yang hari ini berkontribusi membuat kemacetan yang luar biasa. naik motor dan teriak-teriak bikin masyarakat terganggu.

lulus, enggak lulus. saya pernah SMA dan saya pernah ngerasain gimana sih pressure untuk bisa lulus dan memberikan hasil yang maksimal. tapi toh kalau enggak lulus bukan akhir dari dunia, kan? apalagi kalau tindakan nggak lulus itu akibat dari niat curang dan enggak jujur sejak awal. seperti prinsip salah satu dosen saya yang berinisial BP, orang jujur itu lebih hebat dan lebih berharga daripada orang pinter.

apa pendapat kalian tentang kehebohan kelulusan SMA hari ini?

well, saya jadi ingat 3 tahun lalu waktu lulus SMA. enggak, saya nggak konvoi keliling kota sambil coret-coret baju. baju saya udah di-pack untuk disumbangin ke desa eyang saya. banyak cara untuk bergembira dan berbangga selain dengan konvoi dan jadi si komo yang membuat macet. ya kan?

well ini foto-foto wisuda kelulusan SMA saya.. haha tiba-tiba kangen dan ingat jaman dulu. i was skinnier :( haha.


bersama jeng-jeng dan bersama temen saya bobby. ah masa SMA! kangennya!

Friday, April 23, 2010

bad mood attack.

apa bedanya mood dan emosi? tanya dosen perilaku konsumen saya kemarin. beliau menjelaskan, mood dan emosi sama-sama merupakan keadaan psikologis. bedanya, kalau mood itu penyebabnya tidak jelas, ujung pangkal maupun akhirnya juga tidak jelas. emosi itu ada sebab jelasnya.

hari ini mood saya lagi jelek, dan yea, nggak jelas alasannya. mungkin karena lagi 'dapet'. ah itu memang keistimewaan kita sebagai wanita untuk bisa menyalahkan segala sesuatu pada si tamu bulanan. Yah memang hari ini cukup melelahkan, ada deadline menunggu di malam hari, dan siang tadi dapat berita yang sedikit bikin sebal. well, ya sudah, bergabunglah mereka semua untuk beraliansi membuat mood saya sedikit berwarna abu-abu.

hiburan saya di kala bad mood adalah koneksi internet. liat series (btw, i'm done watching Glee Hell-O and Madonna yesterday! awww greaaat show), liat facebooknya cewe-cewe paling hot se kampus, dan khusus tadi ini, main polyvore sampe bosen karena terdorong oleh hasrat belanja yang tidak kunjung mendapat pelampiasan lantaran uang yang menipis setelah dipake liburan.

well, rasanya semakin lama blog saya semakin nyampah dan ngga jelas kemana, seperti lagu Armada, mau dibawa kemanaaa? blog komedi bukan, blog review juga bukan, blog fashion jelas bukan, blog sastra apalagi. well, toh masih ada yang baca jadi gakpapa deh. promise i'll post something more interesting when i'm in better mood.

now, here some results of me playing polyvore. have a good day, everyone.

1) random mix2) the idea is wearing one item in some different ways (jackets, black long tees, and blazer)

Tuesday, April 20, 2010

what a great vacation lah..

No man needs a vacation so much as the person who has just had one. ~Elbert Hubbard.

Yes, absolutely true. Vacation is just addictive, more than drugs. Baru 11 jam setelah melangkahkan kaki kembali ke Jogja dan saya udah kepingin packing lagi, lalu pergi liburan entah kemana.

Alhamdulillah weekend kemarin saya berkesempatan ke Singapura. Pergi bersama dua orang teman, Ticex dan Doting, mengunjungi temen saya Mirah yg lagi exchange di NUS. Ada rombongan teman sma saya yg kuliah di ITS, dhanik dan osa, yang juga berangkat. jadilah rombongan besar dengan doting sebagai satu-satu nya pria hahaha :). Liburan empat hari tiga malam dengan menjunjung tinggi asas pengiritan ini, walaupun sudah menguras tabungan, adalah suatu pegnalaman yang super menyenangkan.
Ticex, doting, n moi!

singapore was great, tapi saya rasa saya ngga bakal betah hidup di sana. hawanya panas, biaya hidup mahal, dan saya rasa saya ngga kebayang betapa bosannya hidup di negara yang besarnya cuman sepropinsi jogjakarta. tapi memang singapura begitu modern, bersih, tertib, and has lots of beautiful n exciting things to offer!
Some places i visited. and Universal Studio, menguras tabungan but worth every cent!

my last word is: every vacation is another journey of learning. go get some travel-buddies, save some money, and plan some vacations! no buts, just do it, n you won't regret :)

funny story: kayaknya waktu pulang tadi saya dikira TKI... dijutekin sama bapak-bapak petugas bandara, dan diawe-awe sama petugas Pendataan Tenaga Kerja... asemik.

Tuesday, April 13, 2010

SYTYCD, love it!

Dari dulu saya selalu suka acara reality show model-model marilah tereliminasi tiap minggunya. Mulai dari yang nyanyi-nyanyi, yang model-model, yang jalan-jalan keliling dunia, yang masak-masak, yang desain-desain.. well, memang sampe sekarang nasionalisme saya masih dalam taraf rendah karena saya nggak menyenangi idola cilik, mamamia, indonesian idol, maupun take me out haha.

Salah satu reality show favorit saya adalah So You Think You Can Dance. Sekarang SYTYCD ini disiarkan setiap Senin malam jam 8 di AXN, dan sudah sampai season ke6. Season ke6 ini sudah selesai di Amerika kalau enggak salah awal tahun kemarin, dan saya secara nggak sengaja juga udah tahu siapa yg menang, tapi well gapapalah, ngikutin acara ini selalu sangat seru. mungkin karena saya tipe orang dengan koordinasi tubuh rendah dan otot persendian kaku yang menganggap bahwa apa yg dilakukan di SYTYCD ini adalah suatu keajaiban yg saya ngga bakal bisa melakukannya, hahaa.Saya suka SYTYCD karena SEMUA kontestannya bagus. well, trust me, SEMUA. Juri-juri begitu lucu dan suportif, komentar mereka panjang-panjang, menggelitik, nggak cuman asal menghina atau mengkritik tapi membangun. Host-nya cantik dan sexy, walau senyum dan tawanya keliatan fake. Kontestannya lovable dan mengundang simpati. Koreografinya amazing. Dan kadang-kadang ada Wade Robson, itu lho yang dulu punya acara dance-dancean gitu di MTV, yang hot sekali.

Kontestan favorit saya season ini namanya Legacy, dan semalam dia tereliminasi. iya saya memang sudah tahu kalau pemenang kontes ini bukan dia, tapi tetap sedih liat dia pergi. Saya suka Legacy karena dia adalah penari breakdance (tari kejang), tapi nggak seperti strereotype saya dimana breakdancer itu garang dan sangar, Legacy ini keliatan baik dan lembut haha. Dan sedikit mirip Orlando Bloom. Watch one of my favorite routines from him, n trust me, you'll get amazed.
video

Thursday, April 8, 2010

Mega Mendung

Lots of beautiful things come from a city called Cirebon. Selain teta, teman kuliah saya yang cantik kembang kota Cirebon (haha), ada juga motif batik kesukaan saya: motif Mega Mendung. Dikenal juga dengan motif awan-awanan, karena memang bentuknya seperti awan dan mengingatkan saya sama motif awan-awannya Naruto. Konon motif mega mendung yang aslinya dominan warna biru ini melambangkan pembawa hujan serta harapan akan kemakmuran dan kesuburan.
wore that on my cousin's, mba Yettie, wedding last sunday. my brother took some photos of me, n i love them jadi kepingin ngupload di blog.. hehehe. anyway, congratulation on ur wedding mba Yettie. happy enjoying your new-exciting-wonderful stage of life!

Friday, April 2, 2010

Festival Menendang

it's a lame joke between me n my friends to call KickFest with Festival Menendang. Bagaimana pun, Kick dalam KickFest has nothing to do with 'menendang', karena Kick adalah singkatan dari Kreative Independent Clothing Kommunity dan konon merupakan biggest distro n clothing expo in Asia. Tanggal 2-4 April 2010 KickFest diadakan di Jogja, tepatnya di gedung Jogja Expo Center, dan ke sanalah saya pergi di hari libur Jumat kemarin.

Dulu waktu jaman SMA saya dan temen-temen hobi banget sama namanya Distro. dulu kayaknya kalo suka ke distro itu bakal jadi anak gaul (haha!). Senjata saya dan temen2 waktu itu adalah Peta Distro Jogja yang selalu kita bawa dan kita jadikan guideline berkelana keliling kota. Ah. Masa lalu.

Kickfest jogja ramainya luar biasa. Antrian beli tiketnya (which is idr 7000) panjang bukan main seperti orang antre sembako. is it worth it? Hmmm relatif. Stand yang berpartisipasi memang banyak. 50 lebih kali ya. Ada panggung band nya (kakak angkatan saya main, tapi saya ngga mudeng lagunya. terlalu jedug-jedug dan aaaggh aaagh gitu). Tapi dasarnya distro, produknya rata-rata nggak terlalu bervariasi, diskonnya juga nggak terlalu nendang, terlebih karena saya lagi nggak punya uang. haha.
(kakak angkatan saya, Aga, on action)

But it's fun, though. went there with my besties Intan, sekalian ngajarin Intan parkir mundur. (Can u imagine me as a tutor? whoa! hahaha). Intan berhasil parkir mundur, katanya: "Fu, kamu mbakat deh jadi guru, soalnya kalo ngajarin ngga pake panik," HAHA intan ngga tau aja saya deg2annya setengah mampus.intan. ini parkir di Ambarukmo, by the way. lihat, lurus kan! berkat tutor cantik haha.
Some tips n trick for u yang mau ke Kickfest:
1. Tshirt n Flats are very-very recommended. JEC memang berAC tapi the crowd was crazy. Terlebih anak-anak SMA yang merubungi baju dengan hiperaktif, mungkin karena mereka udah selesai UN? (*terus kenapa) Saya pakai jaket jeans dan agak menggeh-menggeh.
2. Bring ur own drink. Ada stand makanan sih, tapi di luar. if u bring ur own, it'll help u so much.
3. Do some prioritize. list apa yang butuh dibeli n stick with it. Semua barang didiskon (rata-rata 20-30%, dan berpotensi mendorong pembelian impulsif. memang disinyalir harga sempat dinaikkan dulu sebelum didiskon, which is actually unethical in marketing, tapi namanya juga toko, memang begitu. So if u have ur list, ur money will be in a very right place.
4. Make a critical path. pinjem istilah Intan yang anak manajemen operasi, buat jalur kritis yang paling optimal jadi nggak banyak energi tersia-sia untuk berputar-putar.
5. No early judgment. Banyak stand yang luar biasa ramai hanya karena merek nya terkenal atau tampilannya lucu, tapi sebenarnya barangnya mahal n biasa aja. Jangan keburu men-judge hanya dari dua hal itu. Justru banyak stand yang lebih murah dan lebih bagus walau merek nya nggak terkenal.

Semoga berguna. Btw, teman saya Ayu jaga juga lhi di Kickfest, di stand Nanonine.