Wednesday, January 7, 2009

tukang parkir

Waktu SMA saya dan temen2 pernah ikut lomba portofolio dan kita mengangkat tema parkir. Mau nggak mau harus diakui, fasilitas parkir di kota Jogja yang konon berbudaya dan penuh dengan orang-orang ramah yang selalu bertepo-seliro ini sering nggak jelas dan bikin konsumen seperti saya kepingin misah-misuh aja. Mulai dari lahan parkir ilegal yang nggak jelas, tiket parkir yang dimanipulasi, sampai pak parkir sang penyedia pelayanan publik yang memberi servis seolah olah mati segan hidup tak mau.

beberapa praktik parkir menyebalkan yang bikin pingin muring-muring:
1. parkir malioboro jogja -dan tempat2 lain-, yang jelas2 di tiketnya ada tulisan 500-nya tapi si bapak parkir selalu minta 1000. temen saya dian pernah protes ke si bapak parkir.
Dian : "Pak, ini jelas2 tulisannya 500, kenapa bayarnya harus seribu?"
Pak Parkir : "Iya mbak. yang 500 lagi kan buat jaga helm."
omigod. just doesnt make any sense.

2. tukang parkir (di banyak tempat yang tidak bisa disebutkan satu per satu) yang baru nongol di detik2 terakhir ketika motor kita sudah berada pada posisi tancap gas, dimana tadinya kita udah nyurung-nyurung motor-motor lain dengan tenaga samsonwati, atau ketika mobil kita uda hampir masuk di jalan. arrrgh.

3. tukang parkir yang suka ngomong kasar. Seperti tukang parkir toga mas yang baru aja saya datengin malem ini sama anak-anak. Pertama, dia datengnya telat. langsung teriak2 ngasi aba2 ga jelas. saya ceritanya parkir paralel (naik mobil) dan mau keluar. jadi saya kan maju sambil mbelok. saya ngerti kok kalo depan saya ga bakal cukup karena ada mobil. tapi saya kan niatan mau maju dikit baru mundur. sementara si pak parkir ga cetho ini nyuruhnya saya mundur dulu baru maju.
trus si pak tukang parkir ga ceto ini nyamperin jendela saya dan ngomel. "Mundur dulu mbak! wis dikandani mundur kok ra gelem! ki ra bakal nyandak!" (mundur dulu mbak, uda dibilangin mundur ko ga mau, ini ga akan cukup.) dan dia megang jendela mobil saya sambil nyurung mobil saya mundur.
saye bete kan. ngapain si dia nyurung2 n marah2. yang punya mobil jg sapa. jadi saya bilang. "Iya pak, ga usah disurung! ini juga kan uda mundur!"
dan si bapaknya bilang. "Wis to rasah cerewet!"
yaampun. hadoooh!

4. tukang parkir kegenitan. yang sukanya ngegodain anak gadis manis yang lagi parkir.

Wahai bapak parkir. saya tau mungkin ketika anda kecil anda ga pernah bercita-cita jadi tukang parkir. mungkin anda berpikir pekerjaan anda ini sucks dan ngga ada gunanya. mungkin anda membenci pekerjaan ini dan berharap akan mendapat pekerjaan lain. tapi tolong pak parkir, anda di sini adalah penyedia jasa. cintailah kerjaan anda dan berusahalah membuat orang yang anda layani merasa bahagia. iklas lah, dan bekerjalah dengan penuh senyuman. anda mungkin berpikir kami adalah anak-anak manja yang penuh limpahan harta, namun kami juga nggak punya hak untuk menjadi tempat anda melakukan praktik-praktik yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Wahai pak parkir. Pekerjaan anda adalah pekerjaan yang mulia. anda dapat menyelamatkan banyak nyawa, banyak body mobil, dan juga banyak sepeda motor dari ancaman tersrempet dan tergasruk. Anda membantu orang2 seperti saya yang masih gagok kalo parkir mundur. Anda adalah pahlawan berbaju oranye. karena itu, cintailah pekerjaan anda, pak parkir.

jadilah seperti mereka, tokoh2 pak parkir yang saya kagumi dengan sepenuh hati:
1. pak parkir sma saya yang baik hati dan bisa jadi tempat berbagi
2. pak parkir kampus saya yang seru diajak nongkrong dan mau diajak pesta duren sama ticex
3. pak parkir lotek Sagan yang penuh senyum, ramah, dan selalu memberi pesan 'yaa hati2 mbaaaaak' kepada kami semua.

jadi inget lagunya counting crows yang ada 'they paved paradise and put up a parking lot... na na na...'

13 comments:

Azzira Shara Novinsa said...

bener bgt farr !
mayoritas tukang parkir skrg nyebai smua !
wah kaLo yg di t0gamas itu kebangetan ,kaya apa far orgnya ?klo aku ke togamas mo tak jutekin ,hwahaa :D

Anonymous said...

Waw,, kasian bgt kamu Fu, mpe diteriaki tukang parkir sgala. Emg kbykan tkg parkir sok tau.
Mau gak dikasih duit tp ya kasian juga.. Kan mrk cari makan dari situ.
Itung2 mengurangi kemiskinan lah...haha

Journal Kinchan said...

yapyap...kalo yang di malioboro itu paling megahi. temanku baru tanyak lo belum protes eh sama tukang parkirnya udah dimarah2in"yowes mbak nek ragelem mbayar rasah mbayar! tokke dewe motor!" sambil memepet2kan motor2 yang ada dikanan-kiri motorku dan ngeluh2 sama tukang parkir yang lain. walhasil jadi bulan-bulanan deh kami.
Tapi berhubung sudah profe ngeluarin motor di parkiran sma, dengan mudahnya kami bisa ngeloyor pergi...hahaha


kangen sama pak parkir sma huhu

raras said...

fu...aku juga suka banget sama pak parkir ltek bbg.hihihi.jadi kange jogjaaaa aku fuuuu.kemaren belom sempet makan lotek pas lg pulang ke jogja.huhu X(

tyas wirani said...

mba fu membuatku kangen sama sma kitaaa..... hau hauuuuu......

mungkin ya, emosi orang itu dipengaruhi juga oleh pendidikannya. semakin tinggi pendidikan orang, maka dia bakal semakin behave.

bukannya menghina lho yaa.. tapi coba la perhatikan. apakah tukang parkir itu biasanya pendidikannya tinggi? i don't think so. jadi yaaa kurang behave kalo menghadapi "pelanggan". nyang penting duitt.
:d

btw, iya mbaa.. pak parkir lotek sagan baikk..

laa said...

emang fuu..
q juga pnh gondok waktu di jl solo,
jelas2 tulisanN 500 eh minta 1000, alesanN yg 500 bwt helm.
hallow..
emang helm juga parkir?
tw gt q bawa aj tu helm, mw pake alesan aplg coba.
huhuuu..

pianisaneh said...

Astaghfirullah...

W. Darma said...

hidup parkir lotek sagan..yeah
*toss

nona aiya said...

tukang parkir soto sawah doong mba fu . . baek , asik , ramah , yahud laah pokoknyaa . hihi .

Anonymous said...

hahaha..iya fu..lotek sagan emang oke..
tp trakhir aq ksana ko bukan paknya ya??

Fu! said...

@ shara : haha. pake topi ga jelas gitu deh shar orangnya.. hahaa.

@ tanto : hhe. iya. bikin emosi emang!

@ kinkin : wahahaa. aku ttp ga jago ngeluarin motor2 je kin. walo uda btaun2 di sma3!

@ raras n ucha : tapi iyaa! kmaren trakhir kesana si bapak uda ga ada!!

@ lala : di karcis parkir kan tulisan 500-nya ada dua to la, nah ada tukang parkir yang bilang, seribu tu yaa dari 500 tambah 500.. hahaha alasan yg tambah bikin gondok

@ dama : nge-astaghfirullah-in siapa, dam? aku salah ya? maaf kmaren memang sedikit emosi. haha. kan manusia biasa kalo dikasarin juga bs sakit ati.

@ wana : tos juga!

@ aya : soto sawah sih mana?

Anonymous said...

wah kok aku belum pernah terkesan dengan tukang parkir ya? hehe.. soalnya pada "gaji buta" gitu deh tukang parkirnya. diikhlasin sih, tapi jadi pukul rata ke semua tukang parkir. jadi nda ada yg berkesan, hehe

Anonymous said...

hahaha..pak parkir oh pak parkir...

aku mau pesta duren lagi ama mas e parkiran ahh..hehe

posting bodoh ;p