Friday, October 31, 2008

bintitan

ada yang ga tau apa itu bintitan?

Liat di Yahoo! Answers, bahasa medisnya Hordeolum.

'Hordeolum (Stye) adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan. Hordeolum biasanya timbul dalam beberapa hari dan bisa sembuh secara spontan.'

Buat gampangnya, bintitan itu semacam njendol-njendol berbentuk seperti jerawat yang entah kenapa sebabnya tiba-tiba nongol di daerah mata kita, bisa di bawah, bisa di atas. Itu yang kata orang Jawa dampak kalo kita suka ngintipin orang.

Nah hari lebaran kemaren saya terkaget2 karena tiba2 ada sebuah bintit menempel dengan riang di mata kiri saya. hoaduh. Tapi karena waktu itu lagi riwuh lebaran, ditambah si bintit itu datang dengan kalem2 aja tanpa membawa pengaruh yang berarti, jadi saya santai2 aja. Mana banyak orang bilang gini: "Wah bintitan ya? udah santai aja, ntar didiemin juga kempes sendiri."

si bintit sayang


.. eh ternyata ditunggu2 sampe tiga minggu si bintit ga pergi2.

Saya sampe sebel sendiri. Waktu awal2 kena bintitan, temen saya si Listy juga kena (waktu itu kayana bintitan lagi nge-trend! hoho) dan tiba2 si Listy ini udah ilang aja bintitnya, sementara punya saya masih bersarang dengan riang.
Akhirnya, karena capek dikomentarin orang 'ih bintitan ni ye' dan juga karena setelah dipandang2 si bintit ini agak mengurangi kesempurnaan penampilan, setelah kelar Ujian Mid saya memutuskan buat pergi periksa ke RS Mata Dr. Yap di Jalan Cik Ditiro. Waktu periksa, diketahuilah bahwa si bintit mungil mengesalkan ini udah sangat betah di mata saya sampai udah bikin semacam dinding sendiri, dan satu2nya cara buat ngilangin dia adalah lewat OPERASI MINOR. wasyaah. operasi! seumur-umur baru kali ini saya mau operasi. walaupun katanya cuman operasi kecil, cuman kaya' di buka dikit dan dikeluarin isinya, kata2 operasi udah bikin saya merinding duluan.

Jadi hari Jumat (31/10) kemarin ditemenin mamah saya pergi operasi di RSM Dr. Yap. Masuk ke kamar operasi, duduk di meja operasi, woooh horornya setengah mati! sebadan saya ini rasanya udah tegang banget. pertama mata saya dikasi obat tetes, disuntik, terus dibersihin pake betadine. terus muka saya ditutup kain, jadi yang kebuka cuman mata kiri aja. Terus si ibu dokter gaul yang pake sepatu boot nyongkel2 mata saya dengan riang gembira. Prosesnya ga sakit sih, karena emang udah dibius.
Ta-da! lima menit operasi, saya keluar dengan mata kiri dikasi kain kasa gedhe yang bikin tampang saya kayak Jack Sparrow. Sangar banget sumpah, orang2 di Dr. Yap ngeliatnya sampai gumun gitu. Kain kasa dan plesternya nutupin hampir separo mata saya, bikin sayanya jadi bingung dan kehilangan orientasi pandangan.


maaak sakit maaaaak

Waktu lagi nunggu mama saya ngurusin kuitansi, ada ibu2 tanya sama saya dengan tampang serius, "Mbak, matanya emang sakit apa?"

Saya jujur aja agak tengsin kalo jawab bintitan. kayaknya kok gak gaul aja, masak sih operasi cuma gara2 bintitan. Jadi saya jawab dengan meyakinkan, "Iya bu. ini saya abis ada semacam kayak tonjolan gitu di mata, jadi harus diambil,"

Si ibu manggut-manggut dengan gumun. Ha-ha.

Intinya,
Operasi Minor karena bintit emang ga sakit. Prosesnya juga cepet. Tapi kalo bisa dihindari lah teman-teman, karena selain agak bikin tengsin, agak wasting money aja. Makanya kalo temen2 bintitan, cepet2lah lakukan tindakan sedini mungkin. Bintitnya rajin-rajinlah dikompres air panas, dirambang pakai air sirih, diperiksain ke dokter, atau dikasih salep. Ada juga yang bilang buat ngilangin bintit, caranya adalah dengan ngusap bintitnya itu pakai air pipis, iuuh saya sih ga menyarankan. Pokoknya cepet2 aja diruwat, jangan sampai terlambat dan harus dioperasi kaya saya. believe me, it was not fun at all. Apalagi u'll have half of ur face covered, dan itu bikin kalian jadi ga bisa cuci muka, ga bisa wudhu, dan agak2 bingung dan kurang fokus kalo liat tivi, baca, dan liat jalan.

Sekarang sih kain kasa saya uda dilepas, dan bintitnya uda ilang, walaupun mata saya masi agak bengkak dikit. Hope it will get better soon. Kalo doa temen saya Nataya sih: bintit hilang, jodoh pun datang! ahaha

7 comments:

kin2 ^^ said...

hehehe.aku jugak pas operasi rahang takutnya setengah mati...denger kalo di tiap2 sela gigi bakal dipasangin kawat gede2 3 kaliny kawat buat kawat gigi,,hhahaha..

semoga bintitan ndak mampir di mata saya,amiiin..ehehehe

Farrah said...

whoa kin, kamu ngapain operasi rahang? kan dari dulu rahangmu gitu2 aja toh say

lalank said...

hihi....harusnya dipliara aja fu,,,ampe gede, sapa tau bisa dikiloin ;p

aYme said...

prnh bintitan jg,,,
tp ga sgitu mpe di operasi sgla deh far,,,
iy cuma di diemin aj tar ilang ndri,,,
tp sprtiny bntitan mu wis akut, jd musti dioperasi,,,
hehhe :D

cpt smbuh ya far,,, :)

Fnomena global said...

numpang lewat kbetulan nih ku jga sakit mata ber air terus merah2 tapi g bintitan akh bt.... masak di klas pake kacamata hitam khahaha

mba suka baca novel jgaya to kill

Dello Deel said...

Biayanya ya brp ya mbak?

Anonymous said...

Maaf mba apa bener proses operasi nya tidak sakit? Soal nya saya juga sedang mengalaminya dan saya takut sekali mau operasi minor nya ��