Wednesday, December 30, 2009

tentang resolusi.

tahun baru mungkin adalah hari raya yang paling saya sukai setelah idul fitri (yang berarti kumpul sekeluarga, jalan2, dan beli baju baru :p), dan idul adha (yang berarti makan enak). Saya jelas bukan tipe party girl yg menghabiskan malam tahun baru di Hyatt liat dewi persik. Saya bahkan lupa kapan ya terakhir kali beli terompet buat tahun baru? waktu SMA? kelihatannya.

Perayaan tahun baru saya biasa-biasa aja. Selalu cuman di rumah, tiduran di sofa sambil liat TV, sampai kadang-kadang ketiduran dan dibangunin kakak saya waktu jam 12. kadang-kadang nginep di rumah temen, cuman nggosip n nonton film. Beberapa tahun terakhir, saya taun baruan di kompleks. jalan sampai jalan utama dan liat kembang api dari monjali, makan jagung, terus tidur. cukup asyik.

what i love about new year adalah sensasinya. perasaan bahwa hari ini adalah hari tutup buku sedunia. Perasaan bahwa, hell yeah, banyak hal buruk terjadi di tahun 2009, tapi who cares? kita mau memulai tahun yang baru. lembaran putih baru yang siap diisi dan dicoret-coret sesuka hati. Perasaan senang ketika ngeliat checklist whistlist dan resolusi tahun lalu, dan ngelihat bahwa kurang lebih hanya 1-2 dari 15 yang belum tercapai (which is ketemu Jodoh dan berat badan kurang dari 50 kg, haha)
saya memang orang yang sangat percaya akan kekuatan membuat resolusi. buat beberapa orang, bikin resolusi itu nggak penting, katanya: biarkan saja hidup mengalir seperti air. buat saya, quoting dari kakak perempuan saya, cuman ikan mati yang ikut mengalir bersama air. benar, bahwa hidup itu mengalir. tapi kita juga harus ikut mendayung dan menentukan arusnya, bukan bagitu?

jadi, kita memang butuh satu point dimana kita membuat resolusi. dimana kita melihat coretan-coretan kita selama setahun belakangan, dan berjanji bakal membuat coretan-coretan yang lebih bagus di tahun berikunya. kalau perusahaan dan organisasi saja tiap tahun pasti ada laporan pertanggungjawaban, evaluasi akhir tahun, dan pembuatan master plan periode satu tahun, maka kita juga musti gitu sbg individu. toh gratis. toh ngga perlu pake rapat. toh bisa dilakukan sambil bengong nunggu ngantuk.


karena resolusi, buat saya, adalah janji. resolusi adalah doa. dan resolusi adalah mimpi. Dan God knows kalau mimpi itu adalah sesuatu yang penting dan menyenangkan, karena kalau enggak, ngga bakalan lah ada film sang Pemimpi.

Saya udah menulis rangkaian resolusi saya sendiri yang saya malu mau publish. have you?

Jadi, it's all lots of beautiful memories di tahun 2009. tahun ini saya banyak belajar tentang melihat dunia secara tidak hitam-putih, saya belajar banyak untuk tidak menjudge orang dan belajar bahwa manusia itu mahluk tuhan yang paling misterius di dunia. melihat pembelajaran tahun kemarin, melihat resolusi-resolusi tahun depan, hmm i think i'm ready for 2010.

happy new year 2010, bloggers!

6 comments:

Navan said...

saya selalu takut menghadapi tahun baru. mungkin setelah melihat kenyataan tahun kemarin saya tidak menghasilkan apa-apa... :(

ANaa said...

Happy New Year 2010..
terus menulis mb,karena tulisan mb farrah sedikit banyak memberiku semangat dan motivasi ;)

rumii said...

aku selalu takut ama malam tahun baru apalagi klo aku ga punya rencana apa pun buat merayakannya.
agak konyol sih, ya ya dalam hal ini arum memang masih labil :)

resolusi?
tidak berani merencanakan secara spesifik dan detail, tidak berani menargetkan apa-apa yang terlalu spesifik seperti misalnya "tahun ini harus lulus" atau "tahun ini harus dapat pacar" atau sejenisnya.
bukan berarti ga mau, tapi seringkali aku malah jadi tertekan ama resolusiku sendiri.
biarlah mengalir secara alami :)

itu klo aku loh yaaaa, tiap orang kan beda-beda.

Fu! said...

@navan :) makanya memulai lembar baru van,, yg jelas taun 2009 kamu menghasilkan posting2an blog yg bagus n inspiring!

@anaa: makasih yuaaaa

@arum: hehe iya beda2. just enjoy this day n another yaaa

Ferzya Farhan said...

aku selalu senang dan penasaran buat baca blog mba fu, dan aku selalu kagum atas apa yang kamu lakukan mba, anyway you are my role model :) yap..

bicara tentang 2009, aku mau minta maaf (pantas ga untuk dimaafkan?), its like i just runaway,tanpa berkata apa apa dan melakukan apa apa, bahkan untuk menghasilkan sesuatu di akhir tahun.. maaf..

dan malunya, mba tetap baik sama aku, woah.. ak terharu..

i loveee yoouuu!!

sukses untuk 2010 :D

farrah said...

@zy hiks aku pengen nangis baca komen mu zy.. kalo aku bales i love you too kita kaya lesbi ga yaa?? huhu biarin deh.. i love u too markuzy!!!