Wednesday, September 16, 2009

ramadhan tahun ini.

Ramadhan tahun ini begitu berbeda rasanya. and maybe it's different not in a very good way, yah sadly begitu.

yang pertama karena Ramadhan tahun ini berjalan secepat kilat. Kayaknya baru kemaren saya taraweh pertama, dan tiba tiba aja sekarang sudah malam ke27. tidak terasa, mak wuus wuus, tiba-tiba mau selesai. Dulu waktu kecil, saya ingat puasa itu terasa lamaaaa sekali. Hari-hari menuju lebaran disambut dengan sukacita. Sekarang, saya heran. Tiba-tiba sudah mau lebaran, dan jujur saja, saya kayaknya belum ngapa-ngapain.

dan kayaknya saya ngga terlalu ngerasa kalau ini bulan Ramadhan, entah kenapa. Dulu waktu kecil saya selalu ngerasain bedanya bulan puasa dan bukan, karena di bulan puasa saya selalu kelaparan, sorenya selalu liat sinetron Ramadhan (yang main Krisdayanti, haha), malamnya selalu minum es dan jajanan enak-enak, lalu pergi tarawih. Sekarang seiring lapar sudah lagi bukan jadi gangguan, bulan puasa entah rasanya nggak terlalu berbeda. tugas kuliah dan rapat2 masih seabrek, membuat malam2 saya jadi mesti dihabiskan di depan laptop dan bukan di atas sajadah. Makan juga biasa, karena masih sering makan di luar. Dan entah ini saya aja atau engga, tapi kok di luar sana atmosfer ramadhan juga ngga terlalu terasa, di luar rumah makan yang diberi tirai warna warni. Masih banyak orang makan es krim sambil jalan-jalan, masih banyak mbak-mbak ngider pake baju sexy.

Ramadhan ini berbeda karena tahun ini saya secara nggak sengaja dapat kerjaan. Bukan kerjaan berat sih, saya sama temen saya Echi disuruh bantuin acara buka bareng karyawan dosen di kampus. Konon, buber karyawan dosen yang isinya siraman rohani sering agak diganggu sama anak-anak kecil yang hobi lari sana sini dan teriak teriak dengan penuh energi. nah saya sama si echi diminta, istilahnya jadi ustadzah anak-anak, yang bantu menghandle si anak2 kecil waktu acara siraman rohani. hahahaahahaa. kesannya saya anak alim yang penuh welas asih gtu ya. Minggu pertama saya cerita tentang Nabi Yunus yang dimakan ikan, minggu kedua saya nggosip karena anak yang dateng cuman satu itu pun udah SMP, dan minggu ketiga saya sibuk babysitting seorang bocah berumur dua tahun bernama Intan yang menganggap lari naik turun 3 lantai di kampus FEB adalah kegiatan yang menyenangkan (sigh). Overall, it's one of the nicest experience i got this year :) dan membuat saya mempertimbangkan karier sebagai baby sitter, hhaa enggak lah ya. mungkin lebih sebagai sebuah harapan cerah bahwa kelak mungkin saya akan jadi ibu yang baik, hehee.

dan berbeda juga karena ramadhan ini saya ga heboh cari baju lebaran. Justru saya heboh pengin beli sepatu, yang akhirnya udah kesampean kemaren, hahaha. ga penting.

Yang paling berbeda di ramadhan tahun ini adalah bahwa saya sendirian. Bapak ibu saya sedang umroh di tanah suci, kakak cewek saya di Jakarta dan besok akan lebaran bersama mertua, dan kakak cowok saya yang kerjanya di Ancol ngga bisa cuti, karena ancol justru rame saat lebaran. Walhasil walau ramadhan ini juga itungannya saya jarang buka di rumah, jujur saya sering ngerasa sepi. bangun gelap-gelap dan makan sahur sendirian, pulang ke rumah dan nggak ada siapa-siapa. Saya udah biasa sendirian sih dari dulu, tapi yaa ini tidak terhindarkan. bgmnapun defaultnya lebaran itu saatnya berkumpul bersama keluarga. buka bareng, sahur bareng, tarawih bareng, salat magrib jamaah. Ndomblong bareng sambil ketawa-ketawa ga jelas sama kakak-kakak saya di acara trah-trahan karena nggak kenal sama sebagian besar orang di sana. Ngglesot bareng di mobil perjalanan ke Surabaya.

Sedih sih, tapi kadang kalau dinikmati kesendirian itu menyenangkan juga. bebas, itu jelas. dan terutama, saya jadi lebih menghargai hubungan yang saya punya dengan keluarga dan teman-teman dekat saya. frasa bahwa you never know what you get until you loose it mungkin ada benarnya. mungkin kalo lagi deketan saya sering marah sama mama saya, saya sering mutung sama bapak saya, dan saya sering ece-ecean sama kakak-kakak saya. waktu lagi jauh gini, yang saya inget cuma Kangen. Dan betapa saya berharap memiliki kekuatan Hiro untuk bisa teleport ke tempat-tempat mereka.

Tahun ini saya bakal mudik sendirian naik mobil ke rumah eyang di Delanggu. not a big problem sih, walau kemampuan nyetir saya minim saya yakin bisa selamat sampe sana, hahaa. satu2nya masalah adalah saya ini orangnya ngantukan dan bosenan. Saya takut bakal mati garing di perjalanan sejam sendirian saya menuju Delanggu. so far biasanya kalo saya nyetir dalam kota saya ga mati garing karena saya selalu nyanyi-nyanyi ngikutin radio. nah masalahnya tape mobil saya itu jeleknya minta ampun, ga bisa puter cd atau mp3, dan radio pun yang jelas cuman geronimo, swaragama, sama UTY. saya tdnya berpikir mau bwa kaset aja biar bisa nyanyi2 tapi sayang kaset2 sya udah pada ga jelas keberadaannya. Padahal saya inget banget kaset terakhir yang saya punya itu kaset Best of nya Anggun, dan itu lumayan kan buat nyanyi2. huhu.

aada yang mau pinjemin saya kaset??

whoooaa post yang panjang sekali. afterall, buat teman-teman yang muslim, saya yakin banyak juga yang ngerasa belum menjalankan ramadhan dengan maksimal. but it's not over yet, yuk sama2 kita manfaatkan hari-hari terakhir ini, hehehe. dan akhir kata, MAAF LAHIR BATIN YAA SEMUANYA! have a great happy day of aidil fitri, dan saya berdoa semoga idul fitri tahun ini membawa banyak makna dan kebahagiaan untuk kita semua.

selamat mudik, drive safely buat yang nyetir, dan sampai jumpa :) ditunggu oleh2nya yaaa!

7 comments:

raras said...

fufffiii ternyata nggak cuma aku aja yang kangen lebaran rame2. hehehehe. selamat berhari raya fu.
ditunggu ceritanya, mohon maaf lahir batin yaaa ;)

laa said...

sama fuu..
ramadhan taun ini makin g ada gregetnya. mana q g ngerasain soul mudik barang, makin berasa kaya hari biasa aj.

tar di jalan km nyanyi2 pake oyen aj, toh batre tar bisa di charge.

maaf lahir batin jg y hun..

Navan said...

Wakakak... yang setiap minggu bukan, ya? soalnya kemaren minggu pas lembur ngerjaiin EQNews, pas di selasar ada pengajian, pembawa acaranya bilang gini, " Buat Adek-adek bisa ikut bergabung untuk bermain dan mendengarkan cerita dengan kakak-kakak di depan Musholla lantai satu..."

Ternyata kakak tersebut adalah Echi dan Fu...

ianthehedonist said...

pasti jadinya ga ke delanggu nyetir sendiri kan mba?

hahaha...

P.S. ANTM cycle 13 dah mulai! work!!

kinkinchan said...

cieee yang pendongeeeng hihihi
aduh mab fu aku merasa kegiatan kuliah kok engga memberi kbebasan kita untuk beribadah di bulan ramadan ya? sedih...
ramadan jadi ga ada soulnya... huks

rizka nadia said...

fufiii...
beda bgt yah, sama dulu waktu sd kita kl puasa libur sebulan,, enaak bgt bisa beribadah,, tarweh di masjid+subuhan, abis itu rebutan tanda tangan imamnya buat ngisi buku puasa,, dulu sih ngedumel,, tapi sekarang kangen sama masa2 itu.. bukannya tadarusan tapi ngrangkum pajak,, bukannya tarweh, eh dah ketiduran duluan.. haha payah deh..
met lebaran ya fuuu..
hope kita bisa jalan2 abis masuk nanti,, hehe
maafin semua salahku yaa..

Fu! said...

Lala n ian, iyaa aku jdnya nebeng oom ku yg dr bandung..hehe. N yes,ian.. Aku tau! Kan aku fan nya antm d fb,jd aku uda liat foto2nya aja, wii cakep2!
Nafan n kinkin, hahaa iyaa sakjane ndongengnya ga mutu, aku jd malu sndr. Mgkn karier sbg pendongeng ada diluar jangkauan.
Mb rzchung n kin2, iyaa aku eneg bgt sm tugas2 ini.. Mana ada dosenku bilang, bulan puasa berarti wktu ngrjain tugas tambah banyak kan?bisa dr sahur! Huhu apa bgt.