Thursday, July 16, 2009

tiba-tiba berniat curcol..

peringatan: post ini berisi curhat ga jelas.. bagi yang tidak berminat monggo diskip saja.

well, beberapa hari kemaren saya sempat bertanya-tanya sendiri, kenapa saya berstatus single begitu lama. bukannya mau mengasihani diri, bukannya saya desperate dan kesepian karena ga punya pacar, saya cuma bertanya-tanya aja. mumpung tengah tahun: buat introspeksi. Saya single udah lumayan lama, dan ini kondisi yang jelas nggak bikin saya bangga. Di satu sisi saya bukan tipe orang yang memuja kesendirian dan menyanyikan lagu "single happy" dengan lantang, tapi di sisi lain saya juga bukan orang yang suka meratapi malam minggu dan desperate karena ga pnya pacar. Biasa aja. mungkin karena terbiasa.

mungkin saya emang pernah sih sebel sama beberapa orang yang menurut saya karena kelakuannya nggak deserve untuk dapet kehidupan cinta yang berwarna. dia nyebelin, dia player, dia nggak sebaik yang orang kira, tapi kok tetep segudang yang ngejar2? kadang saya berpikir bahwa semua hal itu harus resiprokal. kalo kita baik, kita harus dapet yang baik. dan saya merasa saya udah cukup baik tapi kok ga dapet love life yang baik? yaaa perasaan2 childish biasa. saya yakin banyak yang ngerasa ky gitu juga. eh iya ga sih?

kalo saya suruh jawab sendiri pertanyaan itu, kenapa saya lama single jawaban saya adalah: mungkin karena saya aneh. hahaha saya akui saya orangnya aneh. suka komentar dan gerak-gerak ga jelas. saya gak kaya' mahasiswi fakultas ternama yang usianya kepala dua. gimana dong, keanehan itu udah mendarah daging. kalau saya lagi ga aneh, justru temen2 bingung dan bilang saya keliatan sendu.

kalo saya jawab versi kuis facebook yang saya ikutin beberapa hari lalu, jawabannya begini:

(kamu berharap kekasih seperti pangeran tampan berkuda putih, mempesona, elegan, dan sopan ramah. impian ini tak pelak membuatmu mengalami kegagalan dalam perjalanan cinta)

haha, kalimat terakhir bikin pengen misuh, emang: ASYEEEEEM!!! Hahhaahaa tapi entah kenapa saya kok kalo isi kuis facebook kadang2 suka ngerasa "eh iya juga ya?". ini salah satunya. mungkin saya terlalu banyak mainan facebook jadi teracuni. tapi well, mungkin emang ada benernya.. hahaha :D

kalo menurut buku yang baru saya baca, EAT, PRAY, LOVE, ada sebuah perkataan begini: you don't get what you want, but you get what you need. Tokoh disitu orangnya periang, ceria, dan penuh semangat, sementara kakaknya adalah orang yang murung, penyendiri, dan serius. waktu mereka kecil, semua orang selalu bilang kalo si kakak akan sendiri dan kesepian di masa depan sementara si adek akan lancar perjalanan cintanya. ternyata justru kebalik. Si tokoh bilang: dia bisa paham kenapa itu terjadi, karena kakaknya yang pemurung itu memang BUTUH seseorang yang akan selalu nemenin dia. sementara dia sendiri, yang bisa bahagia walaupun nggak punya kekasih, nggak sebutuh itu, karena toh temannya banyak, dll. mungkin saya single lama karena memang saya belum butuh2 banget punya pasangan.

kalo kata temen saya teta, itu karena ketidakberuntungan saja. mungkin.

kalo kata temen saya echi, kesalahan saya adalah karena saya orangnya ga proaktif. saya ga mau gerak duluan. saya cenderung gak open sama kemungkinan-kemungkinan. hahhaa :)

saya dan echie memang tipe orang yang memegang prinsip yang berbeda. saya yang risk averse(ga suka resiko) dan konvensional, dan echie yang bilang: "kalau aku, daripada menunggu jawaban, lebih baik cari sendiri jawabannya, fu. kalopun ternyata enggak sesuai, ya udah cari yang lain. daripada stuck ke satu orang aja."

well, itu memang bener. saya orangnya pasif banget dan ga pernah mau gerak. misalnya sekarang, saya lagi agak rada naksir sedikit (penekanan pada kata agak rada sedikit) sama.. well, seseorang. dan saya ga pernah berani untuk lebih dari mengeluarkan jurus ilmu kebatinan alias naksir dalam hati. kemungkinan saya tiba-tiba ngajak dia lunch, misalnya, atau seperti jurus seorang teman saya, mencolek sang gebetan yang sedang nyanyi-nyanyi sendiri dan bilang "suara kamu bagus juga ya. karokean yuk!" itu sangat tipis, karena bahkan utk ngesms aja saya butuh pertimbangan berat. saya cuman berani melakukan langkah terselubung, dan jatuhnya langsung jiper karena target saya itu nggak menanggapi, entah nggak sadar atau memang nggak mau menanggapi. usaha saya buat mendekati sang target sejauh ini nol besar, selain menjadi semi-stalker, haha.

kalo dipikir-pikir, itu emang bad habbit saya, dan saya nggak bangga karenannya. saya publish disini cuman sebagai bahan renungan aja biar saya nya mau agak berubah. hei, niat yang ditulis itu lebih kuat daripada niat di awang-awang lho! saya rasa saya itu : cenderung enggan memulai, menghindari resiko, dan terlalu takut sama penolakan. mungkin itu juga yang bikin saya kurang inisiatif, banyak mimpi saya akhirnya mandeg di tengah jalan, banyak kesempatan yang nggak jadi saya raih. refleksi dari kebiasaan ini nggak cuman diliat dari hubungan aja, tapi juga dari sehari-hari: seberapa sering saya jawab pertanyaan dosen di kelas, kalo saya ga yakin 100% jawabannya? seberapa sering saya mau mengajukan diri utk maju di suatu acara tanpa takut salah atau malu?

jadi mumpung bulan juli (njuk ngopo yo sakjane? hahahaha) saya pengen lebih berani. ceritanya saya jadi panitia OSPEK dan barusan bikin TOR utk lembaga training yang mau kami ajak kerjasama, disitu saya mengagung-agungkan mahasiswa yang percaya diri, mau menggali potensi, menjadi agent of change, bla bla bla, dan tiba2 saya kepingin ngaca: emangnya yang nulis udah kaya gitu ya? kok kesannya jadi nggak sembodo? nah itulah titik yang membuat saya kepengen jadi orang yang lebih daripada sekarang. bukan lebih berat badan, yang jelas. tapi caranya gimana ya? doakan dengan beberapa pembelajaran ini saya bisa berhasil hahahaha :D

well ini cuman refleksi nggak jelas aja di saat seharusnya saya packing buat ke surabaya besok (yipppiiiiii). kalo ikut kalimat yang saya buat di rapat panitia ospek tadi: kita semua harus maximize our potency. saya juga. kamu gimana? i'd love to read your comments, so please give me some.

9 comments:

Annisa Adi Prasetio said...

fu, komenku terangkum dalam lagu Can't Lose What You Never Had-nya Westlife :)) dengerin ya hihihiii kalo kamu ga punya, di blogku ada, kalo kamu buka blogku dia akan langsung play :D ayo semangat fu!

tyas said...

semangat mbak fuu. ntar pasti juga ketemu kok sama yang pas. yah status single memang dipergunakan untuk mencari yang terbaik.

sapa tau ada yang kecantol sama mbak fu karena keanehan bak fu.
*hhe. aku kok terdengar kejam yaa

Navan said...

wew... gag bisa comment.
soalnya baca postingan ini kaya baca curhatan sendiri.

Single. Aneh. Takut Resiko. Gag berani memulai.

Wah! aku banget, tuh! wkwkwk...

Satu-satunya yang menarik perhatian adalah Fu! mau ke Surabaya. Yaaayyy... ditunggu cerita dan oleh2nya... ^^

rizka nadia said...

hahaha... fufiwati jgn desperate gitu duunk.. hehe.. tapi bener sih fu,,harusnya kita gak cuman nunggu,, kl emang mau,kita harus usaha lebih buat dapetin ituh.. hehe.. denger2 ada yg dipacok2in ni sama seseoraaang,,ihiiii...
ayo fu, aku mendukungmu! kayak kuis fbmu kan dy.. look so perfect gitu,haha.. *mbuh janjane bener kui rak sih wonge, haha..
semangat fu! ^^

copey lagi said...

Saya single udah lumayan lama, dan ini kondisi yang jelas nggak bikin saya bangga.

hmm..mbak fu melankolis yap. suka mikir.hahahaha.
gimana kalo nggak usah terlalu dipikir.lakuin aja gitu.karena, nggak semua paradigma di otak kita sama dengan kenyataan.kalo lagi suka, ya suka aja. dan setau saya, dua insan saling suka, solusinya nggak mesti pacaran kok.

mungkin aja mbak fu belom butuh pacar.jadi nggak usa dipikir lah.ahahaha

ianthehedonist said...

wah kalo yang ini mba sasa aja dah wkwkwk...

being in a relationship is basically having a leash on your neck, single kok malah sedih *omongan orang single*

golek2 kegiatan wae mba hehe

Maharsi Wahyu Kinasih 08/268336/EK/17134 said...

berasa mba fu posting buat aku deh,,
sehati banget deh mba.. hahaha

aku juga. tapi biasa wae ah.
cuma kadang2 males aja kalo temen2 udah sibuk sama bojonya masing2
saya akhirnya lari ke kamera dan laptop saya
skrg sih saya udah punya bojo tapi ding.

si makki :)

Annisa Adi Prasetio said...

@ian: kamu dengerin lagunya yan? wow so sweeeeeeet :D

@kin2: perasaan kamu semuanya dinamain makki ga si? si owl, si macbook, jangan2 entar kalo udah pacar panggilan sayangnya makki juga lagi hehehehehe

ticexbags said...

hihihi..baru baca..

ayo fu kita mlakukan jurus karaoke..aku dewe yo mbuh saggup apa ga itu ;p