Tuesday, May 26, 2009

faq

This is my frequently asked question yang sedang sering saya tanyain:

penting mana sih, mengerjakan sesuatu yang kita suka, atau mengerjakan sesuatu yang kita bisa?

saya pribadi, setelah khatam baca gogirl! edisi follow your passion, dan setelah tamat liat Night at the Museum 2 dimana Ben Stiller terakhirnya bilang something like 'the key of happiness is doing something you like with those you love', tentu menjawab yang pertama dengan mantap.

tapi kata papah saya, lebih baik yang kedua. karena katanya, kesukaan itu bisa bertumbuh.

saya bingung.
ini sebenarnya pertanyaan sodara sepupu saya yang seorang psikolog waktu saya curhat karena bingung nentuin konsentrasi. beberapa teman kemarin ikut tes potensi akademik yang konon bisa me-reveal potensi kita dan me-match-kan dengan kosentrasi yg ada di jurusan manajemen. walaupun temen2 saya pada akhirnya banyak yang justru makin bingung setelah ikut TPA ini, saya nyesel juga ga bisa ikutan kemaren. paling enggak temen2 jadi tau sebenarnya mereka BISA di mana sih.

saya selalu berpikir saya kepingin masuk pemasaran. ah, ya. saya suka nulis, saya suka liat tv (dan iklan), saya suka art, saya prefer bekerja bersama orang dibanding bekerja bersama komputer, dan saya dulu kepingin masuk komunikasi. tapi sekarang saya ngga terlalu yakin, karena ada beberapa sumber terdekat terpercaya yang justru mendorong saya ke keuangan.

so please, people, answer my question. kalau kalian pilih yang mana?

9 comments:

Bim2Dodol said...

Bingung? Dulu saia jg begityuu..

saya bagi pengalaman ajah yaa jeeengg...

dulu gw jg bingung banget karena ada banyak pilihan yang bisa aq gunain....

diantaranya ada sebuah pilihan gw bener bener suka, yaitu desain grafis....

yang terjadi pada waktu itu... gw patah tangan dan ga bisa gambar lagi...

boleh dibilang jadi kehilangan tujuan... yawdah pas smptn kan ga mungkin gw masuk dkv jadinya gw coba aja smua jurusan gw campur aduk.. eh keterima akhirnya di UGM, tp tetep aja gw ga ada tujuan... tiap hari kerjaan gw cm ngenet, jalan, pacaran <-CORET dan nyoba2 gambar lagi hingga suatu saat (desember kemaren) gw sembuh dan bisa gambar lagi...

balik lagi deh dari semester 1 pindah ke jjurusan dkv...

Nah intinya... Teguhlah ama pendirian kamu... ga semua orang bisa balik lagi kalo udah milih lowh....

Kamu harus tau sebenernya kamu mau apa... dan gw berharap ci kalo km ga seperti gw, lebih beruntung dan ga perlu ngebuang 3tahun percuma...trus pindah jurusan... hehehe

Saat kamu suka sama sesuatu, jgn biarin orang lain ngelarang..

SIAPAPUN ITU!! heheheh maaf panjang commentnya... tp seenggaknya jujur gw huahakakhakh

"pilih jadi kacung duit karena kepaksa kerja/ atau jadi seseorang yang mencintai pekerjaanya walau duit melarat?"

ianthehedonist said...

wadu... aku jadi inget jaman2 milih jurusan waktu SMA. tapi waktu itu semakin banyak tanya orang semakin bingung soalnya semakin banyak mixed opinions. hahahah

yang paling tau mba fu mba fu sendiri si, jadi ya...

yang jelas entah kenapa jadi manajer keungan tu menurutku keren. bahkan jadi hedgefund manager yang sebenarnya bisa merusak perekonomian aja menurutku keren banget. klo pemasaran tu bayangkun jadi si ibu-ibu yang muncul di tv tiap minggu buat agung sedayu grup. tapi wangun jugak e.

ahaha

rizka nadia said...
This comment has been removed by the author.
rizka nadia said...

fu.. masih bersyukur kamu tau your real passion itu apa...
masih byk org yang, bahkan gag tau dy sebenernya suka apa..
hahaha... contohnya, saya.
fufiiii... curhat colongan bgt ni..
bahkan aku gag tau suka apa,, iya bisa ini dikit, bisa itu dikit,, tapi gag ada yang bisa bener2 bisa dilakuin dgn itu, dan gag ada yang bener2 panggilan jiwa..
bisa kasih masukan fu untukku??
huhu...
kl menurut aku sih fu..
dari pertanyaanmu,,
prefer ngelakuin apa yang kita suka.. kl kita suka, pasti nanti kita serius,, kl serius,, kita pasti bisa jadi pakarnya.. dan pasti jadi org yang guna..
(inspired by robert langdong- kerjaan apa coba itu kalo di indo? hehe.. pasti gag dihargai sama sekali,, tapi kl emg dy suka, dy pasti bisa expert,, n become somebody.. hehe
tapi kadang berbenturan sama realita ya fu.. kl emg kita kepaksa ngelakuin kerjaan yg gag gitu kita suka,, demi menghidupi keluarga si gpp,, asal tetep ngelakuin hobi yang kita senengin ajah.. biar idup ini tetep seimbang, heheheh...

Fu! said...

@ bimbim, ian, rizka : ahhh thankyouuuu dear. kalian semua begitu kind, sweet, n tenderly. haha. i love you all.
terimakasih.

Navan said...

Yang disuka atau yang dibisa? entah mengapa saya lebih suka pilihan yang pertama. karena saya sudah teracuni oleh film Little miss sunshine, hahaha...

omong2 soal TPA,pilihanku:
-yang disuka: pemasaran, operasional, SDM
-yang tidak disuka: keuangan

hasilnya disarankan: pemasaran, keuangan, operasional

pemasaran udah match, tapi si ibunya bilang ke aku operasional! nah loh...

mungkin si ibunya liat aku yang pendiem... sebenernya di pemasaran aku juga cuma tertarik di advertising doang...

pusing!

tcx said...

saranku kamu pilih keuangan to fu. trus nanti kan karirmu cerah ceria. dan akirnya setelah sekian lama terlalu banyak memilih, jodohmu akan datang pada saat kamu berumur 28 taun..

xixixi ;p

rumii said...

arum likes this.
aku juga mengalami dilemma ini ketika memilih antara konsentrasi pemasaran ataukah SDM. aku sangat suka pemasaran, aku pengen kerja di bidang advertising, pokoke alasannya sama ma alasanmu.
tapi di sisi lain tanteku bilang klo SDM lebih gampang dan ya aku juga ngerasa sih klo sebenernya aku lebih bisa di SDM.
but in the end aku akhirnya milih pemasaran meskipun akhirnya sekarang aku jadi bulan2annya bu yuke gara2 goblok dan kurang kritis haha.

errr kenapa ya?
aku lupa apa yang jadi pertimbangan utamaku. mungkin karena aku ngerasa lebih tertantang aja ama pemasaran dan SDM menurutku terlalu membosankan.

Fu! said...

@ navan: huhu iya ya pusing! aku jg.. kalo kamu kayaknya hhmmmmmmmmm pemasaran ajaaa deh van! kan kamu jago merangkai kata.. haha

@ tcx: huhu ember!

@ arum: farrah likes your comment hahaha. iyah rum itu jg alasan aku ga pgn msdm karena mnrtq lingkupnya kecil. hehehee. semoga pilihan kita membawa yang terbaik.