Saturday, March 19, 2011

Abang Bruno


Beberapa waktu lalu, kelihatannya lingkungan saya sedang sangat demam Bruno Mars. Mendadak lagu Just the Way You Are dinyanyikan di mana-mana. Didendangkan dengan sumbang, dibesarkan ketika muncul di radio, dipesan di ruang karaoke. Mendadak teman-teman wanita saya menerawang dan bermimpi sang pria idaman berlutut dan menyanyi untuk mereka: kos yor emeeeziiing jas de weee yu aaar!

Saya sendiri awalnya kurang suka Bruno Mars. Pertama, karena namanya entah kenapa mengingatkan saya akan anjing. Bruno, guk guk guk, kemari, guk guk guk. Euh, itu Heli. Ya gitu deh, terlebih karena aslinya si abang Bruno ini namanya Peter, haha. Kedua, karena wajah si abang Bruno ini menurut saya kok njawani. Yah, konon doi kan orang Hawaii. Kayaknya tampang-tampang Hawaii memang nggak terlalu mbule-ni. Dan alasan utama adalah karena lagu Just the Way You Are itu menurut saya gombal abis. Rasanya tidak ada laki-laki normal yang bisa menyanyi lagu itu dengan tulus dan sungguh-sungguh, kecuali pacarnya adalah Dian Sastro atau Angelina Jolie. Saya pribadi sih nggak berharap si pacar suatu hari bakal melempar batu di jendela kamar dan menggenjreng gitar dengan romantis di depan jendela menyanyi lagu itu. Terlebih karena tadi, ketika saya nyeletuk, "Eh, kamu tahu Bruno Mars nggak sih?", si pacar menjawab dengan pandainya, "Tau lah! Yang yu-ar yu-ar itu kan?" ZZZ. si pacar memang supergaul, anak nongkrong em-ti-vi.


Lihat, kaya orang Jawa ya? Pic was taken from here

Tapi setelah mendengarkan album Doo-Woops & Hooligans, wow saya berubah pikiran dan mendadak jadi suka sama si Abang Bruno. Menurut saya seluruh lagu di album ini enak didengar dan easy listening, cocok didengarkan sambil didendangkan riang ketika ngerjain skripsi. Anggapan saya tentang si Bruno sebagai abang tukang gombal sedikit luntur karena lagu Count on Me yang saya rasa bagus sekali didedikasikan untuk sahabat tercinta, dan lagu the Lazy Song yang hampir ingin saya nyanyikan setiap pagi: Today I don't feel like doing anything, I just wanna lay in my bed... Kesukaan saya pada si Bang Bruno bertambah ketika saya karaoke di Inul Vista dan mendapat skor 98 ketika nyanyi Marry You, mwahahaha. Lagu Marry You sendiri lucu sekali menurut saya, walau saya lebih suka ketika dibawakan Glee, karena ada nari-narinya (alasan gak mutu).

Tapi favorit saya di seluruh album abang Bruno? Jawabannya Grenade. Adakah yang belum tahu apa arti grenade? Mudah, grened - grenet - granat. Awalnya saya ngga suka lagu ini, apalagi videoklipnya yang menurut saya kurang kerjaan gotong-gotong piano. Saya mulai suka ketika lagu ini dibawakan di Group Round Hollywood Week American Idol. Lama-lama saya cermatin liriknya ngenes sekali, dan khas abang Bruno, sedikit lebay.

Ini video-nya:


Iseng-iseng saya ingin men-translate lirik Grenade ke dalam Bahasa Jawa (ya, ya, saya lagi boring garap skripsi nih.)

Granat

Gampang le teko, gampang le lungo, yo ngono kae kowe uripe
Njupuk, njupuk kabeh tok, tur ora tau ngekeki
Kudune aku ngerti nek kowe ki mung masalah ket aku ngambung koe sing kapisan
Mripatmu kok mbukak, ngopo e kok mripat mu mbukak?

Takkekke kabeh sing tak duweni, tur mbok uncalke neng sampah
Mbok uncalke neng sampah, ya to?
Ngekeki aku tresnomu, iku wae sik tak jaluk
Soale kowe ra ngerti nek..

Aku iki bakal nangkep granat kanggo kowe
Nguncalke tanganku neng peso kanggo kowe
Aku iki bakal mlumpat nang ngarepe sepur kanggo kowe
Kowe ngerti, opo wae bakal tak lakoni kanggo kowe..

Sudah ah, capek. Lagian kayaknya bahasa Jawa saya juga nggak bener deh, hahaha.

Sejujurnya, post ini awalnya ditujukan untuk membuat review musik. Tapi kok jadinya malah begini? Mungkin karena saya lagi pusing. Ya, ya, sudah lah. Mungkin setelah baca post ini ada yang mau ngasih saya tiket Bruno Mars yang konon sudah sold out itu?

Selamat datang ya nanti, bang Bruno. Kapan main ke Jogja?

10 comments:

rizka nadia said...

fuuuuu...!

gendeng tenan lirik jowone.. hahaa
aq ngakak ning kamar nganti ibukku tekon : kowe lak rapopo to cha?
jiahahaaa..

Fu! said...

@rizka: nanti aku buatin lagu-lagu lainnya ya, ada request? :p

Annisa Prasetio said...

manteB banget fu grenade versi jawa nya!

saidiblogger said...

hahaha.. ada2 aja ditranslate ke bahasa jawa.. LOL

jay said...

fu keren lirik jowone, kepingkel² aku mocone..
lanjut terus fu!

Motivasi

ianthehedonist said...

hbs kena kasus narkoba Bruno not so fierce lah. lebih fierce Gagalupe

zakiya said...

asikkk.......hahaha....klo pake jawa yang kromo gmn ya.....:)

surya said...

sumpah, aku ngakak ngguling2 moco lagune sing di translate ke kui.. hahaha.
km apa kabar fu? udah mau lulus yaa? jngan lupa syukurannya yaa.. hahahaha..

Fu! said...

@ all : hihi makasih ya. ternyata kebosanan saya ada manfaat nya juga utk menghibur, hihi. klo ada yang request lagu lainnya boleh lho?

dinda said...

hahaha lucu fuuu liriknya yg granat, hahaha